Galeri

mengendalikan emosi (marah)

saya sekarang sangat bad mood dan rasanya ingin marah tapi saya tidak bisa meluapkannya. rasanya nyesek banget, biasanya kalau marah bisa langsung maki tu orang tapi sekarang saya harus bisa mengendalikan emosi saya. saya berusaha menahan amarah saya dengan seharian diam saja tidak ngomong sama orang lain dan saya menghabiskan waktu dengan browsing internet. dan hasilnya sudah sedikit berkurang marahnya. saya sadar sekarang saya bukan anak SMA lagi yang kalau marah langsung maki-maki orang lain tanpa alasan yang jelas, saya sekarang diwajibkan harus bisa menguasai diri saya sendiri dan harus bisa mengendalikan marah saya. tapi bagi tipe orang seperti saya sulit sekali untuk mengendalikan emosi, saya tipe orang yang to the point dan mudah meledak-ledak. sudah setahun ini saya mencoba belajar menahan diri dengan tidak banyak berkomentar tentang hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan saya untuk meminimalisir konflik dengan orang lain. dan kalaupun saya sampai marah, saya hanya diam saja walaupun ada orang yang bertanya saya hanya diam sampai mood saya membaik dan saya akan mulai berkomunikasi dengan orang lain lagi. pengendalian diri sangat penting bagi kita oleh karena itu saya akan share tips saya untuk mengendalikan marah saya kalau sedang meluap-luap.

1. siapkan diri anda bila anda akan bertemu orang atau berhadapan dengan orang yang sekiranya akan memancing amarah anda. hal ini penting, anda harus siapkan tindakan apa yang akan anda ambil bila orang tersebut melakukan hal-hal yang tidak menyenangkan. memprediksi sejak awal akan lebih memudahkan kita. kalau bisa anda harus menyiapkan kata-kata atau tindakan yang akan membuat orang tersebut kehabisan kata-kata dan terdiam dan pada akhirnya membuat orang tersebut malu sendiri.

2. berpura-pura cuek. biasanya saya melakukan ini apabila secara tidak sengaja saya bertemu orang yang kurang bersahabat atau pun terjadi sesuatu yang bisa memancing emosi saya. walaupun di dalam hati sangat dongkol tapi setidaknya raut wajah kita harus terlihat cuek, tanpa kita berkomentar pun orang bisa membaca apa yang sedang kita rasakan.

3. sibukkan diri anda dengan melakukan hal-hal lain yang bisa mengalihkan perhatian anda terhadap sumber amarah anda. contohnya, anda bisa ngobrol dengan orang yang sedang berada di sekitar anda tau anda bisa memainkan hp anda atau terserah lah yang penting konsentrasi anda teralihkan.

4. diam. inilah yang sering saya lakukan kalau sedang marah. tanpa banyak komentar saya diam saja dan orang pun akan segera mengerti sendiri kalau kita merasa tidak nyaman.

5. cara terakhir yaitu pergi atau segera menghindar dari hal-hal yang memancing amarah kita. cara paling praktis dan tanpa membuang energi.

itulah yang biasanya saya lakukan untuk mengendalikan emosi marah saya. hal ini dibutuhkan karena banyak orang yang berpendapat sebagai orang yang telah duduk di bangku sekolah atau orang yang berpendidikan tidak baik dalam memecahkan suatu masalah dengan marah-marah dan meluapkan emosi. menurut saya pun, apabila kita punya masalah dengan seseorang dan orang tersebut menyelesaikannya dengan marah-marah tapi kita menghadapinya dengan cool dan cuek itu akan sangat keren! dia nyocros kanan kiri kita cuma diam dan hanya menjawab seperlunya saja lama-lama tu orang capek dan malu sendiri marah-marah gak jelas ujungnya,hehehe…. rasanya sangat puas… itu sama saja dengan smart vs fool people … tanpa kita ngomong hal-hal yang tidak perlu orang lain pun sudah bisa menilai sendiri tingkat kepribadian seseorang.

Tinggalkan komentar